!!!......أ هلا و سهلا بقد و مكم





السلام عليكم ورحمة الله وبر كا ته

Salam Ukhuwah . . . .







Senin, 20 Desember 2010

IBNU JARIR AT-THOBARI (204-301 H)

Ibnu Jarir At-Thobari- Nama lengkap beliau Abu Ja'far Muhammad bin Jarir At-Thobari,beliau lahir disebuah perkampungan yang bernama aamal dari iqlim Thobaristhan.yang saat ini terletak sebelah utara Iran perbatasan laut Qozwain.beliau lahir pada tahun 204 Hijriyyah.
Dikenal sejak usia mudanya beliau senang dan cinta akan ilmu,sehingga pada waktu itu seorang ayah beliau selalu memotivasinya untuk senantiasa melakukan perjalanan dalam mecari ilmu,sehingga dengan dorongan sang ayahanda,beliau menghasilkan ilmu yang dibilang matang baginya walaupun beliau merasa itu kecil dihadapan sang Robb.
Beliau pernah bilang tentang dirinya :

حفظت القرآن ولي سبع سنين,وصليت با لنا س وأنا ابن ثماني سنين,وكتبت الحديث و انا ابن تسع سنين,ورأى لي أبي في النوم أني بين يدي رسول الله صلى الله عليه وسلم ومعي مخلا ة فيها حجا رة أرمي بها بين يديه ,فقيل له إن ابنك سيعرف كثيرا من علوم الدين ,وسوف يدافع عن شريعةالا سلام
"Saya hapal Quran sejak saya berusia tujuh tahun,dan saya solat dengan berjamaah sejak saya berusia delapan tahun,dan saya menulis hadits,ketika usia saya beranjak sembilan tahun..ayah saya pernah bermimpi,bahwa saya ada diantara kedua tangan rosulullah SAW,yang denganku sebuah tempat (yang biasa dipake buat nyimpan makanan) yang berisikan batu-batu yang dengan batu itu saya melemparkannya diantara kedua tangan Rosulullah,dan Rosulullah berkata kepada ayahanda:"anak mu kelak akan mengetahui ilmu-ilmu agama,dan kelak akan membela syariat islam".
Maka beliau pada saat itu melakukan sebuah perjalanan menuju Ar-Riyyi (sebuah negara yang berdekatan dengan Thohron diparis (Iran) dan beliau belajar pada ulama-ulama terkemuka dinegara itu).
Kemudian setelah itu beliau melanjutkan perjalanannya menuju kufah,dan disana beliau bertemu dengan Muhammad bin Al-'Ala' Al-Hamadzaniy (salahsatu pembesar disana).dan beliaupun hendak memasuki rumahnya.
Dan pada suatu hari,orang-orang hendak pergi kerumah pembesar itu dengan suasana yang ramai,karena mereka ingin diperbolehkan untuk masuk kerumahnya.maka pembesar ketika bertanya kepada mereka : Siapa diantara kalian yang hafal akan apa yang telah saya tulis??
Maka ketika itu Imam At-thobari berkata disekumpulan orang-orang itu :"Saya hafal apa yang telah ditulis dari mu...!!.
 maka pembesar itu bertanya dan beliaupun menjawabnya, dengan seketika beliau menjadi besar dimata mereka,dan pembesarpun tahu akan kemampuannya,meskipun usianya yang masih kecil,dan dia (pembesar)  mendengarkan darinya lebih dari 100000 hadits.

Kemudian ,selain beliau melakukan perjalanan menuju kufah,beliaupun menuju Baghdad kemudian menuju mesir,disana beliau menetap dalam waktu yang lama.
Beliau mengetahui setiap ilmu agama dimasanya,sehingga beliau seperti qori' yang tak mengerti kecuali hanya Alquran,dan seperti seperti seorang ahli hadits yang tidak mengetahui kecuali ilmu hadits,dan seperti seorang ahli fiqh yang tidak mengerti apa-apa kecuali ilmu fiqih,dan seperti ulama ahli nahwu yang tidak tahu apa-apa kecuali ilmu nahwu,dan ibarat seorang ahli matematika yang tidak tahu kecuali matematika itu sendiri.
Pernah suatu hari ada seorang laki-laki yang bertanya kepadanya tentang ilmu 'Arudlh (ilmu tentang syi'ir) maka beliaupun hafal dan tahu akan ilmu itu..dan beliau mampu membaca dan menghapalnya hanya dalam satu malam.
Subhanalloh....

Sumber : Silsilah Ta'limul lughoh Al-'Arobiyyah
I'dad tsani LIPIA Jakarta