!!!......أ هلا و سهلا بقد و مكم





السلام عليكم ورحمة الله وبر كا ته

Salam Ukhuwah . . . .







Senin, 20 Desember 2010

IMAM MUSLIM

Imam Muslim-Nama lengkap beliau Abu husain bin Hajjaj,beliau termasuk pembesar imam-imam hadits,lahir di Naisabur yang merupakan ibukota khurosan,tahun 206 hijriyyah..
Selama beliau hidup,hari-harinya disibukan dengan mengumpulkan hadits-hadits Rosululloh SAW,sehingga beliau termasuk salah satu imam ahli hadits dizamannya setelah imam Bukhori,dalam mengumpulkan hadits-haditsnya,beliau mengambil hadits-hadits dari pembesar-pembesar ulama dijamannya seperti imam Ahmad bin Hambal,dan ishaq bin rohawaih.
Dalam perjalanan hidupnya beliau menimba ilmu dan meriwayatkan hadits dari berbagai ulama yang ada dikhurosan,iraq,hijaz,dan mesir,sehingga kesungguhannya dalam meriwayatkan hadits menjadikan dirinya masyhur diantara ulama-ulama dimasanya,dan orang-orang pada masa itu tertuju dan tertarik dengan hadits-hadits yang diriwayatkan beliau.
Banyak buku-buku hadits yang telah beliau karang,yaitu diantaranya:Shohih Muslim yang yang berjumlah 12000 hadits,yang beliau pilih dari 300000 hadits,dan lama waktu penulisannya mencapai lima belas tahun.
Kitab hadits shohih Muslim yang beliau karang terbilang hadits-haditsnya paling shohih setelah kitab hadits karangan imam Bukhori dan hadits-hadits yang lainnya,seperti : Sunnah Abu Daud,Sunnah Thirmidzi,Sunnah nasa'i,dan Sunnah ibnu majah...
Shohih Muslim telah dijelaskan berulang-ulang,dan telah diterbitkan berkali-kali,seperti Shohih Muslim yang ada pada saat ini. 
Dan tatkala itu,ketika imam Bukhori datang ke Naisaburi tempat beliau dilahirkan,tepat pada akhir hayatnya beliau beliau bertemu dengannya dan hendak mencium kepalnya dan berkata kepadanya : Yaa ustadzul asaatidzah wa yaa sayyidal muhadditsiin.(wahai gurunya para guru,dan tuannya para ahli hadits).Ini merupakan bukti ketekunan dan kemasyhuran beliau dalam meriwayatkan hadits-hadits shohih,sehingga imam-imam ahli hadits pada masa itu memberi gelar tersebut..
Selain dari karangannya beliau yaitu shohih imam Muslim,ada juga Al-musnad al-kabir,al-jami' al-kabir..dan masih banyak lagi selain dari kedua karangannya itu...
Beliau meninggal ditempat kelahirannya pada tahun 261 Hijriyyah,dan usianya mencapai 55 tahun saat itu..
Sumber : Silsilah ta'lim lughoh al-arobiyyah
mustawa tsani LIPIA Jakarta.